Kamis, 27 Februari 2014

MEKANISME KERJA CSMA/CD dan CSMA/CA

Perbedaan antara CSMA, CSMA/CD, dan CSMA/CA

Carrier Sense Multiple Access atau CSMA adalah Media Access Control (MAC) protokol yang digunakan untuk mengontrol aliran data dalam media transmisi sehingga paket tidak tersesat dan integritas data tetap terjaga. Ada dua modifikasi CSMA, CD CSMA (Collision Detection) dan CSMA CA (Collision Avoidance), masing-masing memiliki kekuatan sendiri.


CSMA beroperasi dengan merasakan keadaan medium untuk mencegah atau pulih dari tabrakan. Tabrakan terjadi ketika dua pemancar mengirimkan pada waktu yang sama. Data akan buru-buru, dan penerima tidak akan mampu untuk membedakan satu dari yang lain sehingga menyebabkan informasi untuk tersesat. Informasi yang hilang perlu membenci sehingga penerima akan mendapatkannya.
CSMA CD beroperasi dengan mendeteksi terjadinya tabrakan. Setelah tabrakan terdeteksi, CSMA CD segera berakhir transmisi sehingga pemancar tidak perlu membuang banyak waktu dalam melanjutkan. Informasi terakhir dapat dipancarkan kembali. Sebagai perbandingan, CSMA CA tidak berurusan dengan pemulihan setelah tabrakan. Apa yang dilakukannya adalah untuk memeriksa apakah media sedang digunakan. Jika sibuk, maka pemancar menunggu sampai idle sebelum mulai transmisi. Ini efektif meminimalkan kemungkinan tabrakan dan membuat lebih efisien penggunaan medium.
Perbedaan lain antara CSMA CD dan CSMA CA adalah di mana mereka biasanya digunakan. CSMA CD umumnya digunakan dalam instalasi kabel karena ada kemungkinan untuk mendeteksi apakah tabrakan telah terjadi. Dengan instalasi nirkabel, tidak mungkin untuk pemancar untuk mendeteksi apakah sebuah tabrakan telah terjadi atau tidak. Itulah sebabnya instalasi nirkabel sering menggunakan CSMA CA bukan CSMA CD.
Kebanyakan orang tidak benar-benar harus berurusan dengan protokol kontrol akses saat mereka bekerja di belakang layar agar perangkat kita bekerja sama. CSMA CD juga telah beralih menggunakan jaringan kabel yang modern karena mereka hanya perlu dengan hub dan switch tidak dengan modern yang rute informasi bukan penyiaran itu.
Prinsip Kerja CSMA/CD CSMA/CA
1.      CSMA/CD
Teknik kontrol akses media yang bekerja pada jaringan kabel
Cara kerja : Komputer akan mendeteksi apakah ada kabel di jaringan (Carrier Sense). Apabila ada,maka komputer yang akan mengirimkan paket data, akan menunggu sampai tidak ada computer lagi yang mengirimkan paket data (logika untuk menghindari terjadinyacollision data). Setelah keadaan memungkinkan, maka komputer akan segera mengirimkan paket datanya melalui kabel jaringan. Meskipun proses komunikasi datasudah di design sedemikian rupa, untuk menghidari terjadinya collision, tetapi tetapsaja terkadang terdapat suatu masalah. Maka saat collision terjadi (paket data yangdikirimkan menjadi tidak berguna/hancur) dan komputer akan menunggu beberapasaat untuk mencoba mengirimkan datanya lagi.
2.      CSMA/CA
Teknik control akses media yang bekerja pada wireless
Cara Kerja :Komputer yang akan mengirimkan paket data,akan mengirimkan paket broadcastyang berisi pengumuman jumlah waktu yang di butuhkan untuk mengirimkan paketdatanya. Komputer yang lain akan menerima pesan, akan menahan paket datanya,sesuai waktu yang di request oleh komputer lain tadi. Kemudian komputer yang sudahmengantri tadi, akan mengecek kembali apakah paket data komputer yang me-requestpengiriman paket data tadi telah mengirimkan paket datanya dengan sukses. Setelahterdeteksi ternyata telah sukses terkirim, maka komputer yang telah mengantri tadiakan mengirimkan paket-paket datanya.

Sumber :


2 komentar: